Sabtu, 26 September 2015

cara mengganti oli sepeda motor

Oli sepeda motor sangat lah penting karena untuk melumasi komponen-komponen yang berada didalam mesin motor tersebut, maka dari itu oli motor itu harus rutin diganti setiap berapa kilometer tertentu yang direkomendasikan tergantung merek oli tersebut, dan disini saya akan memberitahukan cara-cara mengganti oli motor tanpa harus pergi kebengkel untuk menggatinya karena tidak terlalu sulit ;
  1. buka tutup oli motor yang berada diblok kanan sepeda motor, tutupnya yang berada diatas blok kanan sepeda motor, membukanya menggunakan tang diputar kearah kiri atau berlawanan arah jarum jam.
  2. buka tutup pembuangan oli motor yang berada dibawah sepeda motor menggunakan kunci sok atau ring 18 kearah berlawanan arah jarum jam.tapi ada juga yang berbeda bautnya selain menggunakan kunci 18, tergantung merek sepeda motor tersebut.dan jangan lupa dibawah pembuangan yang anda akan buka taruh wadah atau tempat kosong yang kurang lebih 1 liter untuk menampung oli bekas yang anda ingin ganti.
  3. setelah tutup pembuangan sudah dibuka dan tutup oli sudah dibuka, semprot lubang yang anda tadi tutup oli anda buka menggunakan angin bertekanan tinggi, bertujuan agar sisa-sisa  oli bekas motor ada bisa terbuang semuanya agar tidak tersisa banyak. dan jangan lupa semprot tutup oli dan tutup pembuangan juga agar bersih dari sisa-sisa oli.
  4. setelah sudah tidak ada sisa yang menetes pada pembuangan oli, tutup kembali pembuangan oli tersebut tapi jangan lupa baut tutup oli diberi siltip agar tidak ada oli yang bocor, putar searah jarum jam menggunakan kunci yang tadi anda membukanya kencangan sekencang-kencangnya dan juga jangan terlalu kencang sekali takut baut tersebut selek.
  5. setelah tutup pembuangan ditutup sekarang waktunya menuangkan oli motor yang baru menggunakan corong kecil agar tidak tumpah, setelah dituang semua tutup tutup oli tersebut menggunakan tang searah jarum jam.
 andapun sudah selesai megganti oli motor sendiri tanpa harus pergi kebengkel untuk mengganti oli,dan jangan lupa ganti oli motor anda rutin agar mesin motor anda tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar